Indonesia’s Next Big Brand: Berkolaborasi Mendesain Brand UKM Indnesia
Indonesia’s Next Big Brandmerupakan kolaborasi antar berbagai elemen bangsa Indonesia dari pemerintah melalui kementrian, kedinasan, CSR perusahaan ,lembaga pendidikan, profesional marketing, desain, komunikasi, organisasi profesi, media, komunitas serta lembaga-lembaga lainnya untuk memberikan pemahaman kepada komunitas UKM akan pentingnya pengembangan usaha melalui pembangunan brand/merek dari sisi perencanaan produk, kemasan hingga strategi komunikasi, sehingga akan lahir brand-brand besar Indonesia di masa depan lebih banyak lagi.
Kegiatan ini dilatarbelakangi diantaranya oleh pasar global makin diramaikan berbagai merek, baik lokal maupun global, sehingga siapapun mereka harus memiliki daya juang yang di pasar.Begitu banyak kekayaan lokal dan kekhasannya yang kental sehinga mempengaruhi tumbuhnya produk-produk lokal yang berpotensi besar untuk diangkat keunikannya(unique sellingpreposition).Juga regulasi dan dukungan pemerintah untuk memajukan ekonomi kerakyatan sehingga menciptakan atmosfer positif terhadap terciptanya merek-merek UKM dengan ekuitas lebih baik.
Dari catatan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Ketua PLT Dirut Ikhwan Asrin, Jakarta, April 2010 menyebutkan bahwa sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bakal bertumbuh sekitar 25% pada 2010 dibandingkan prediksi 2009 yang berkisar 15-20%. di tahun 2014 ini diprediksikan akan terjadi pertumbuhan yang lebih tinggi lagi.
Indonesia’s Next Big Brand ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran berbudaya kreatif pada masyarakat industri kecil/menengah dan masyarakat pada umumnya menjadi sangat penting.Sehingga pelaku usaha UMKM memiliki gambaran akan peranan desain komunikasi visual/desain grafis, mereka akan mengerti pentingnya alasan-alasan membangunan merek/produk melalui tahapan-tahapan strategi komunikasi merek/branding, mempunyai referensi yang memadai dari berbagai contoh kasus pengembangan brand/merek yang berhasil baik lokal maupun international serta mampu secara praktis dan strategis melahirkan produk dari menentukan positioning hingga packaging design.
Saat ini tim SOD Binus bersama Binus Create, sebuah unit untuk membangkitka nprofesionalisme di lingkungan Binus university, berupaya agar kegiatan ini menjadi agenda nasional Indonesia. Sebagai ikhtiar kreatif membangun merek-merek lokal Indonesia menjadi brand-brand berekuatias global.Sambutan dari beberapa lembaga pemeberdayaan permodalan usaha mikro dan menangah sangat positif, yang insya Allah segeraterlaksana perjanjian bersama untuk melangsungkan kegiatan ini.Indonesia’s Next Big Brand juga telah mendapatkan apresiasi dariRancang Baru Desain Indonesia (RBDI) dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Brand-brand besar kita kenal berawal dari kecil.
Go merek-merek Indonesia!
Published at :