People Innovation Excellence

Surakarta Mooi Indie

Emmanuel Putro

by: Emmanuel Putro

Mengacu pada tema “Home Town” pada pameran ilustrasi internasional 2016, saya menampilkan sebuah karya ilustrasi dengan teknik drawing berjudul ”Surakarta Mooi Indie”. Bagi saya kampung halaman adalah sebuah ruang nostalgia sederhana yang disetiap sudutnya penuh dengan keindahan dan kenangan yang sulit untuk dilupakan oleh mata.

”Surakarta Mooi Indie” mencoba mengilustrasikan pengalaman-pengalam estetis saya terhadap kampung halaman saya di Solo, dimana dalam karya ini saya mencoba untuk memunculkan beberapa tempat yang menurut saya pribadi memiliki daya tarik tersendiri seperti Pasar Gede, Pasar Klewer, Kraton Surakarta Hadiningrat, Kampung Batik Lawean dan masih banyak lagi titik-titik indah lainya yang saya coba hadirkan dalam karya ini. Kesederhanaan kota Solo saya rangkum dalam pewarnaan hitam dan putih dengan komposisi visual yang dinamis dan saling bersusun.

Kota Solo yang sederhana dan dinamis terhadap perkembangan zaman menjadi pesan tersendiri dalam karya ini dan Kota Solo adalah ruang yang nyaman untuk kita berhenti sejenak menikmati humanisme dan kebersahajaan masyarakatnya. ”Surakarta Mooi Indie” adalah romantisme estetis yang sulit untuk dilupakan dalam benak saya dan Kota ini akan terus saya rindukan untuk kembali disinggahi di lain kesempatan. Demikian pengantar karya saya yang berjudul ”Surakarta Mooi Indie”. Salam Budaya.

Last updated :

SHARE THIS