MERANCANG NAMA BRAND
Apalah arti sebuah nama?
Coba kalian cek nama kalian masing-masing, adakah makna terselip di sana?
Bagaimana dengan nama seseorang yang sempat viral di media sosial, Namanya adalah Satria Baja Hitam. Naaah kaaan…. Ada juga seorang bapak yang Namanya adalah Tuhan. Wooow…
Begitulah juga dengan brand. Nama brand adalah strategi bisnis, maka ia harus memiliki filosofi dan makna yang baik. Bukankah nama itu juga doa?
Bagaimana dengan nama sebuah brand? Merancang nama brand tentu tidak serta merta muncul begitu saja. Pada awalnya, harus disiapkan dan direncanakan dulu bagaimana konsep brand-nya, meliputi visi brand dan identitas brand. Brand itu punya fungsi menjadi perekat dan pemikat antara PRODUK dan KONSUMEN-nya, selain itu brand adalah PROMISE that we TRUST… harus meyakinkan dan terpercaya… Brand harus punya karakter yang kuat… karena brand adalah masa depan.
Berikut tips merancang nama brand:
- Singkat dan unik
- Selaras > (konsep) brand
- Mudah dibaca dan diucapkan
- Makna positif
- Hindari singkatan yang rumit
Dan berikut adalah beberapa rute merancang nama brand:
- TARGET AUDIENCE (SUSU L-MEN, MASTER KIDS)
- NAME (WENDY’S, AYAM GORENG MBOK BEREK)
- LOCATION (INDOMIE, JAVA JAZZ, JOGJATRONIK)
- INGREDIENTS (SANMOL, DECOLGIN, AMOXICILLIN)
- SERVICES (GRAB, GOFOOD, TOYS ‘R’ US)
- BENEFIT (BATUGIN, MIE SEDAAAP)
- ANTONIM/ SINGKATAN (BINUS, KFC)
- NUMERIC (ES TELLER 77, VICKS FORMULA 44)
- OFF THE WALL (NIKE, EXTRA JOSS)
- Dan lain-lain
–
Sumber:
https://shipper.id/blog/uncategorized/cara-membuat-nama-brand-logo
https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/7-tips-jitu-membuat-nama-brand-yang-menarik/
Published at :
SOCIAL MEDIA
Let’s relentlessly connected and get caught up each other.
Looking for tweets ...