People Innovation Excellence

MERANCANG NAMA BRAND

Apalah arti sebuah nama?

Coba kalian cek nama kalian masing-masing, adakah makna terselip di sana?

Bagaimana dengan nama seseorang yang sempat viral di media sosial, Namanya adalah Satria Baja Hitam. Naaah kaaan…. Ada juga seorang bapak yang Namanya adalah Tuhan. Wooow…

Begitulah juga dengan brand. Nama brand adalah strategi bisnis, maka ia harus memiliki filosofi dan makna yang baik. Bukankah nama itu juga doa?

Bagaimana dengan nama sebuah brand? Merancang nama brand tentu tidak serta merta muncul begitu saja. Pada awalnya, harus disiapkan dan direncanakan dulu bagaimana konsep brand-nya, meliputi visi brand dan identitas brand. Brand itu punya fungsi menjadi perekat dan pemikat antara PRODUK dan KONSUMEN-nya, selain itu brand adalah PROMISE that we TRUST… harus meyakinkan dan terpercaya… Brand harus punya karakter yang kuat… karena brand adalah masa depan.

Berikut tips merancang nama brand:

  1. Singkat dan unik
  2. Selaras > (konsep) brand
  3. Mudah dibaca dan diucapkan
  4. Makna positif
  5. Hindari singkatan yang rumit

 

Dan berikut adalah beberapa rute merancang nama brand:

  1. TARGET AUDIENCE (SUSU L-MEN, MASTER KIDS)
  2. NAME (WENDY’S, AYAM GORENG MBOK BEREK)
  3. LOCATION (INDOMIE, JAVA JAZZ, JOGJATRONIK)
  4. INGREDIENTS (SANMOL, DECOLGIN, AMOXICILLIN)
  5. SERVICES (GRAB, GOFOOD, TOYS ‘R’ US)
  6. BENEFIT (BATUGIN, MIE SEDAAAP)
  7. ANTONIM/ SINGKATAN (BINUS, KFC)
  8. NUMERIC (ES TELLER 77, VICKS FORMULA 44)
  9. OFF THE WALL (NIKE, EXTRA JOSS)
  10. Dan lain-lain

Sumber:

https://shipper.id/blog/uncategorized/cara-membuat-nama-brand-logo

https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/7-tips-jitu-membuat-nama-brand-yang-menarik/


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close