People Innovation Excellence

Jenis-Jenis Videografi

1. Video Komunikasi Visual

Jenis ini mengharuskan video yang dibuat harus mampu menjadikan gambar sebagai perwakilan dalam penyampaian suatu pesan. Dibutuhkan kepekaan saat syuting, teknik pengambilan gambar yang baik, skenario matang, dan penyutradaraan handal agar pesan bisa disampaikan sebagaimana seharusnya.

2. Video Jurnalistik

Jenis berikutnya videografi jurnalistik ini memiliki nilai berita. Terdapat narasumber, pendapat ahli, verifikasi, konfirmasi, dan data yang valid. Video dikemas sedemikian rupa menjadi produk berita yang layak diinformasikan kepada penonton.

3. Video Biografi

Biografi seorang tokoh berpengaruh tidak hanya dapat disajikan dalam bentuk tulisan atau buku. Kini Anda juga bisa mengemas biografi dalam bentuk video yang menarik. Suguhan biografi dalam bentuk video pun dinilai lebih membekas dalam ingatan audience yang menjadi sasarannya.

4. Video Training

Jenis videografi ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Pengemasan kegiatan training dalam bentuk video memberi kemudahan tersendiri terutama dalam pemahaman. Pasalnya adanya ilustrasi atau gambar memberi pemahaman yang lebih baik dibanding tulisan.

5. Video Dokumentasi Acara

Dokumentasi menjadi satu hal penting, baik untuk acara personal ataupun perusahaan. Dokumentasi ibarat bukti konkret telah berlangsungnya suatu acara. Untuk dokumentasi personal seperti pernikahan misalnya sekarang ini bisa dikemas lebih menarik dalam bentuk video. Mengabadikan momen sakral yang dibidik dan dirangkai menjadi cerita yang manis untuk dikenang di masa mendatang.

6. Video Dokumenter

Video dokumenter merupakan video yang menyuguhkan dokumentasi. Penggunaan teknik dasar videografi dalam jenis video ini diperlukan agar mendapat sajian yang bagus dan meninggalkan kesan dalam diri penontonnya. Sehingga mereka yang menonton bisa mengetahui fakta-fakta yang memang ingin disampaikan melalui pembuatan video dokumenter tersebut.

7. Video Tutorial

Penggunaan teknologi sekarang terus berkembang dan semakin intens. Banyak orang mulai memanfaatkan teknologi untuk menunjukkan bakat atau hal-hal yang digemari. Bakat tersebut kemudian dikemas dalam bentuk video yang tidak jarang dijadikan tutorial. Seperti tutorial memasak, berdandan, menggunakan hijab, dan lain sebagainya. Produk video tutorial kemudian diunggah ke media sosial dan menghasilkan pundi-pundi dalam jumlah menjanjikan.

8. Video Promosi

Videografi juga bisa ditujukan untuk kegiatan promosi. Di mana adegan gambar diambil mengikuti skenario tertentu dan ditujukan untuk mempromosikan sesuatu. Promosi ini pun begitu luas, bisa untuk produk ataupun jasa. Pengemasan yang baik tentunya akan menghasilkan video promosi menarik yang selalu terlintas diingatkan mereka yang menontonnya.

Itulah beberapa jenis produk videografi sesuai penggunaannya. Kebutuhan akan videografi dewasa ini terus meningkat. Tidak hanya untuk industri hiburan saja, tapi sejumlah pekerjaan sekarang bisa dikemas menjadi video yang interaktif. Seperti untuk kebutuhan tutorial, travelling, pemasaran, dan lain sebagainya seperti yang sudah disebutkan di atas. Penggunaannya pun luas bisa untuk perorangan hingga organisasi atau perusahaan.


Published at :
Written By
Inovensius hugo bima Wicaksana
Lecture Specialist S2 | Binu University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close