People Innovation Excellence

5 Pilihan Drone Murah Bagi Para Pemula

erkembangan drone kini terus mengalami peningkatan, baik dari segi teknologi yang ada pada drone hingga para penikmatnya. Apalagi harga drone kini mulai banyak yang terjangkau alias murah, namun tetap memiliki standar yang baik seperti stabilisasi kamera, penguncian GPS, hingga kontrol penerbangan yang cerdas.

Nah, bagi kamu para pemula yang ingin memiliki drone sebagai hobi baru, ada beberapa pilihan drone berkualitas dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Sebelum beralih ke drone canggih yang membutuhkan kemampuan lebih, kamu bisa memilih beberapa rekomendasi drone berkualitas namun terjangkau berikut ini.

Eachine E520s

merupakan jenis drone lipat asal Tiongkok. Drone ini dilengkapi GPS, Wifi berkecepatan tinggi dengan jarak 250 meter, serta penerbangan otomatis sehingga cocok kamu gunakan sambil mempelajari cara menerbangkan drone. Fitur otomatis pada drone dapat digunakan untuk lepas landas, mendarat, hingga kembali ke titik awal.

Dilengkapi baterai dengan kapasitas 1200 mAh untuk penerbangan selama 16 menit. Selain itu, drone ini juga dilengkapi kamera 4K dengan harga yang bisa kamu dapatkan di angka Rp1,5 juta.

SYMA X8 Pro

dibekali fitur rekam yang beresolusi 720p dengan foto 1MP. Cukup untuk mendapatkan hasil rekaman maupun foto yang berkualitas. Kamu bisa melakukan live feed langsung dari kamera yang dikirim ke smartphone untuk memeriksa pembingkaian secara benar. Dibekali GPS built-in untuk menahan posisi drone walau tertiup angin yang kencang.

Drone ini memiliki beberapa mode terbang meliputi orbiting atau menerbangkan di sekitar orang yang mengendalikan kontrol, follow me untuk mengikuti pemegang kontrol bergerak ke manapun, hingga flight plan untuk mengetuk titik yang ada di peta melalui aplikasi Syma Fly sehingga drone dapat terbang otomatis ke titik yang ditentukan. Drone yang dibekali baterai berkapasitas 2000 mAh ini bisa kamu dapatkan dengan harga di kisaran Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta

DJI SPARK

Drone yang satu ini memiliki dimensi dan berat yang begitu mungil, namun memiliki performa hebat. Dilengkapi kamera video beresolusi 1080p dan foto 12MP serta GPS yang terintegrasi. Selain itu, drone ini juga memiliki penstabil mekanis dua sumbu yang mampu menghasilkan rekaman mulus dengan frame rate mencapai 30 fps.

Dengan bentuk yang kecil yaitu dimensi 143×143×55 mm serta berat 300 gram, drone ini mampu menempuh kecepatan penuh hingga 50 km/jam. Kamu bisa mendapatkan drone ini dengan harga Rp5,3 juta.

Holy Stone HS100 GPS FPV

Holy Stone HS100 GPS FPV. Dilengkapi kamera WiFi 1080p yang memiliki bidang pandang 120 derajat serta sudut yang dapat disesuaikan sebesar 90 derajat. Hal tersebut berfungsi dalam menangkap rekaman maupun gambar diam yang berkualitas dari berbagai perspektif.

Posisi GPS yang tepat mampu memastikan penerbangan terasa mulus hingga bisa kembali ke titik awal hanya dengan menyentuh satu tombol. Drone ini dilengkapi baterai 3500 mAh Li-po dengan waktu terbang selama 18 menit yang waktu pengisian dayanya membutuhkan 3-6 jam. Kamu bisa mendapatkan drone ini dengan harga Rp4,2 juta hingga Rp5,8 juta.

Eachine E511

Drone berikut ini bisa dikatakan sebagai kloning dari drone DJI Mavic Air yang dilengkapi kamera HD 1080p dengan bidang pandang 120 derajat. Di mana, drone ini mampu mengambil gambar dan video yang berkualitas tinggi. Ditambah penggunaan baterai sebesar 1200 mAh yang mampu terbang selama 17 menit.

Selain itu, drone ini juga dilengkapi mode VR 3D yang bisa digunakan untuk melihat video real time saat terbang. Kamu bisa menambahkan kacamata VR untuk digunakan agar sensasi 3D-nya lebih berasa. Untuk mendapatkan drone ini, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp1,4 juta sampai Rp1,67 juta.

Itu dia beberapa pilihan drone yang cocok bagi kamu para pemula dalam mencoba hobi baru. Dengan harga yang terjangkau, namun kualitas standar yang ditawarkan, kamu bisa mulai untuk memainkan drone.

 

bagaimana tertarik mulai belajar menggunakan kamera Drone?.


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima Wicaksana
Lecture Specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close