People Innovation Excellence

“COLOR UP YOUR LIFE” Suara kain by Khadijah Khairunnisa

Project Suara Kain Adalah project fashion advertising photography yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia salah satunya batik, dengan menyeruakannya melalui kain batik yang dipadukan dengan pakaian modern. Batik merupakan kerajinan dengan nilai seni tinggi dan sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Budaya kain batik bahkan menjadi budaya yang sudah mendunia dan harus dilestarikan oleh masyarkat Indonesia sendiri. Batik bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Batik Indonesia sudah banyak memberikan prestasi yang mengharumkan nama negara Indonesia.

Di era globalisasi dan adanya perkembangan zaman pada saat ini, kita sebagai warga negara Indonesia terutama sebagai generasi-generasi muda di Indonesia juga harus mengakui dan harus menjaga batik sebagai produk lokal di Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai generasi muda penerus bangsa untuk dapat menjaga batik sebagai kebudayaan dan warisan negara Indonesia adalah dengan menumbuhkan semangat berpakaian batik. Sebagai bagian dari negara Indonesia generasi-generasi muda harus menjadikan batik Indonesia sebagai pakaian yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti di area kampus, rumah, dan di lingkungan sekitar. Dengan demikian, generasi muda semakin memahami bahwa batik tidak hanya dapat digunakan dalam acara formal saja, tetapi batik justru dapat digabungkan dengan trend fashion modern pada zaman sekarang ini. Selain itu, generasi muda juga dapat menyampaikan perspektif atau pandangan tentang pesan dan nilai dalam batik.

Pada project saya kali ini saya menamai project ini dengan nama Suara Kain dengan harapakan project ini dapat menyuarakan budaya berkain tidak hanya dalam negeri tetapi hingga ke seluruh dunia. Bermula dari saya yang sangat menyukai berkain dengan batik sehingga saya sangat ingin mengambil project batik ini, saya ingin kain batik tidak hanya dipandang untuk acara penting-penting saja namun berkain dapat juga digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Dengan gabungan trend fashion modern pada zaman sekarang ini, Suara Kain ingin memikat para generasi muda untuk turut melestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan kain sebagai pakaian sehari-hari yang dapat menjadi sebuah trend di kalangan generasi muda. Pada tema “Color Up Your Life” saya ingin memadukan kain batik dengan kemaja berwarna merah serta ikat pinggang yang sedang ramai di kalangan generasi muda. Pada tema ini saya akan menggunakan warna merah pada baju model,  warna putih pada belt yang digunakan model serta warna hitam pada hijab yang dikenakan model. Pada background saya menggunakan warna coklat muda.


Published at :
Written By
D3545 Latif
SCC Creative Visualization | Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close