People Innovation Excellence

PLASTIC DELICACY

Initiatif Photography Project
Karya: Wilsen

Mikroplastik adalah partikel plastik kecil yang besarnya kurang dari 5 milimeter. Dalam tahun 2014, peneliti di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menemukan bahwa sampai dengan 51 juta potongan mikroplastik di lautan. Kuantitas ini sendiri melebihi jumlah bintang di galaksi bima sakti. Terdapat bukti dalam binatang bahwa mikroplastik dapat menyebrangi selaput yang melindungi otak dari banyak benda asing yang masuk kedalam saluran darah. Dan juga ada beberapa bukti bahwa seorang ibu mungkin dapat mentransfer mikroplastik melewati plasenta kepada fetus yang masih berkembang, menurut penelitian yang belum diterbitkan tapi telah dipresentasikan di konferensi Rutgers Center for Urban Environmental Sustainability. Salah satu cara yang jelas untuk manusia terdampak oleh mikroplastik adalah melewati hewan laut yang telah mengkonsumsi bahan tersebut. Walaupun anda tidak mengkonsumsi makanan laut, anda harus mengalami kontak dengan mikroplastik dalam air yang anda minum dan udara yang anda hirup. Salah satu studi di New York mendapatkan bahwa botol air mengandung dua kali lipat lebih banyak mikroplastik dibandingkan dengan air dari keran yang dalam analisa dari studi sebelumnya. Partikel mikroplastik sudah memasuki banyak aspek dari kehidupan manusia, membuat mereka susah dideteksi atau dihindari untuk orang biasa. Di jakarta sendiri 76% air dari keran mengandung mikroplastik. Sebuah studi dari Environmental Science and Technology journal menteorisasikan bahwa tingkat konsumsi mikroplastik berjangkau dari 39,000 sampai 52,000 partikel per tahunnya. Tergantung dari jenis kelamin dan kelompok usia. Angka ini hanya bertambah jika kita mempertimbangkan variabel seperti mikroplastik yang dihirup dan air keran dibanding konsumsi dari botol.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close