People Innovation Excellence

DON’T SEND A JOKEY MESSAGE

Initiatif Photography Project
Karya: Bellatrix

Salah satu alasan adanya global warming adalah carbon footprint. Menurut WHO, carbon footprint ialah ukuran dari dampak aktivitas manusia terhadap jumlah karbon dioksida, atau yang sering kita sebut dengan CO2. Hal ini biasanya dihasilkan melalui produksi dan konsumsi bahan bakar fosil, makanan, barang manufaktur, material, jalan atau transportasi. Jejak karbon biasanya diukur dalam ton setara CO2, selama periode satu tahun, dan dapat dikaitkan dengan individu, organisasi, produk, atau peristiwa, antara lain. Carbon footprint juga merupakan sarana yang sangat penting untuk memahami dampak perilaku seseorang terhadap pemanasan global. Inilah alasan mengapa setiap individu secara efektif berkontribusi untuk menghentikan pemanasan global. Banyak hal dapat menyebabkan carbon footprint. Salah satu contoh bukti bahwa setiap individu ikut memiliki pengaruh dalam merubah kondisi bumi ialah dengan menggunakan email. Jangan mengirim email untuk sesuatu hal yang tidak penting. Jika Anda melakukannya, Anda akan menambah jejak karbon Anda. Sebuah study dilakukan oleh perusahaan energi OVO, dan ditemukan bahwa orang Inggris mengirim lebih dari 64 juta email yang tidak perlu setiap hari. Jika orang dewasa di Inggris yang mengirim email “terima kasih” lebih sedikit setiap hari, maka kita dapat menghemat lebih dari 16.433 ton karbon per tahun yang setara dengan 81.152 penerbangan ke Madrid atau menghilangkan 3.334 mobil diesel dari jalan raya. Lalu bagaimana satu email kecil dapat menghancurkan planet ini. Singkatnya, ketika kita mengetik sesuatu, komputer tersebut menggunakan listrik. Ketika menekan kirim, itu akan melewati jaringan dan pada akhirnya disimpan di suatu tempat yaitu pusat data, yang menggunakan banyak listrik. Banyak orang tidak sadar karena teknologi itu tidak mengeluarkan asap, namun carbon footprint TI sangat besar dan terus bertambah. Pusat data tersebut menyimpan seluruh data dari seluruh dunia. Dan hal ini berhasil membakar listrik sangat banyak. Dapat disimpulkan jika kita mengambil tindakan kecil ini kita akan mengurangi karbon dioksida. Email tidak berguna ini telah berhasil membuat carbon footprint yang sangat besar. Selain menyumbat kotak masuk yang ada pada pusat, mereka juga merusak lingkungan. Tidak adanya kesadaran tentang bijak menggunakan email dan kurangnya pengetahuan mengenai kerja teknologi yang juga mempengaruhi iklim di bumi. Banyak orang mengatakan bahwa ia akan membantu menyelamatkan kondisi bumi agar menjadi lebih baik kedepannya. Namun orang – orang tersebut kurang sadar bahwa penggunaan teknologi juga telah mempengaruhi bumi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close