People Innovation Excellence

Social Space VR 3D (Mozilla Hubs)

Mozilla Hubs atau biasa disebut Hubs adalah salah satu produk yang memiliki platform kolaborasi Virtual Reality yang didukung oleh Mozilla Mixed Reality – Web XR yang merupakan salah satu penyedia teknologi browser terkemuka di dunia. Mozilla Hubs dirilis pada tahun 2018, sebagai perangkat lunak gratis dan  eksperimental dimana para pengguna dari berbagai industri dapat langsung berkolaborasi dan mencoba ruang Virtual Reality sebagai alternatif dari ruang konferensi tradisional. Mozilla menyebut aplikasi Hubnya sebagai eksperimen dalam “VR sosial terbuka”, yang dapat diakses melalui headset VR dan browser web seperti Chrome dan Mozilla Firefox.

Di tahun 2020 Mozilla Hubs menjadi sangat populer, sehingga Mozilla meluncurkan opsi berbayar untuk perusahaan ingin menggunakan hosting di cloud (Hubs Cloud). Hubs Cloud adalah bagian dari web itu sendiri, jaringan luas situs yang dapat diakses dan tersedia antara satu yang lainnya. Sebagian besar aplikasi VR sosial lainnya yang dibangun di atas Internet-infrastruktur yang mendasari web. Tetapi tidak interkoneksi dengan web itu sendiri. Untuk hosting Hubs Clouds menggunakan server dari Amazon Web Services (AWS), yang memiliki tingkat keamanan hosting yang lebih terjamin. Sementara itu, Hubs terus menjadi proyek open source , tersedia di GitHub untuk disesuaikan dan digunakan siapa saja.

Source engine yang digunakan di Mozilla Hubs didukung oleh Spoke, yang merupakan perusahaan 3D environment dan open source. Spoke merupakan aplikasi editor 3D yang berbasis pada web dan terintegrasi dengan Sketchfab dan Google Poly, memungkinkan memberi kemudahan dalam mengimpor objek dan adegan 3D yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi Spoke ini memberi kita kemudahan dalam mendesian ruang virtual sesuai dengan keinginan kita sendiri sendiri. Namun, di sisi lain aplikasi Spoke masih memilki berbagai keterbatasan yang sampai sekarang masih dalam pengembangan.

 

Referensi :

https://www.xrtoday.com/virtual-reality/mozilla-hubs-review/

https://hubs.mozilla.com/

 


Published at :
Written By
Octavianus Frans

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close