People Innovation Excellence

Adrian Cook, wet plate specialist photographer

Di era digital yang serba tergantung dengan tehnologi, perkembangan di bidang fotografi juga semakin dimudahkan sehingga lebih banyak para penggemar fotografi bisa menyalurkannya sebagai hobi yang menyenangkan. berbeda dengan masa kamera masih menggunakan film, dimana memotret harus menggunakan roll film, memotret dulu, dan dengan sabar menunggu film diproses menjadi klise dan dicetak sebagai sebuah foto. waktu yang berlalu dalam proses itu belum tentu semua hasilnya bagus. namun semua proses itu di era digital ini sudah sangat dipermudah disingkat dan disederhanakan.

Namun Adrian Cook mungkin terlalu mencintai dan menikmati proses manual saat itu, sehingga dia memilih untuk menekuni wet plate fotografi, dimana proses dalam menghasilkan karya fotonya dilakukan dengan proses dengan prinsip pemotretan paling tua, dimana fotografer harus mengoleskan cairan di lempengan aluminium untuk menghasilkan foto/image, dan imagenya tidak memiliki klise/negatif, the only one image.

Adrian bahkan memiliki portable darkroom yang sangat mobile, yang bisa ikut menemaninya hunting foto. dengan menggunakan View/Large format camera, dimana dia bisa menyiapkan semua proses wet plate itu dengan segera. Dimulai dengan membasahi lempeng aluminuim dengan cairan kimia yang membuatnya sensitif terhadap cahaya, lalu memasukkan ke container kedap cahaya untuk digunakan dalam pemotretan. lalu dilanjutkan lagi dengan pemrosesan untuk mendevelop image agar muncul sebagai sebuah foto, dan menghentikan kesensitifannya terhadap cahaya.

Pada pemotretan outdoor, Adrian membawa serta portable darkroomnya berbentuk mini caravan bersamanya. karena semua proses diatas dilakukannya satu per satu dan harus berburu waktu saat proses pengambilannya. Namun efek foto yang dihasilkan memang sangat unik dan menarik. walaupun objek yang difoto sama persis, namun foto-foto itu khas dan hanya 1 saja karena tidak bisa diduplikasi non digital.

Sangat menarik melihat keseluruhan proses kerja Adrian dari awal sampai  akhir mendapatkan hasil fotonya. Dan kegiatan itu semua tentunya tidak bisa dialami atau bahkan tidak diketahui generasi digital dimana semua proses darkroom pada dunia fotografi lama sudah tergantikan tehnologi digital.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close