Visual Experence: Mengupas Kepekaan Sosial Lewat Foto Human Interest
Get up early makes a man healthy, wealthy and wise (pepatah Inggris). Jakarta pagi memang sarat rupa-rupa. Juga pagi ini, dari kemacetan lampu merah yg tumpah ruah, tak mungkin sy hitung ada berapa motor dan mobil di sana, apalagi tentang apa yg ada di kepala.
Minimal ada yg bergumam seperti saya, “Enaknya Bapak-bapak itu, di saat saya baru mulai, beliau2 ini sudah usai bekerja”. Angan saya terus berlanjut, “apa iya kita yang berada disebrang ini lebih bahagia?”, Hmmm, begitulah kehidupan ibu kota, mungkin juga terjadi di kota-kota lain di negeri tercinta ini.
Foto ini mengajarkan kepada banyak orang untuk mengasah kepekaan sosial dan menciptakan keharmonisan sosial dimana dari foto ini bisa dibangkitkan rasa kebersamaan dan toleransi yang tinggi, bahwa setiap individu memiliki peran dan karya untuk kemaslahatan bersama. Namun cara menikmatisetiap peran itu masing-masing memiliki cara tersendiri.
Kelas-kelas di kampus, dalam banyak kesempatan bahkan di setiap mata kuliah, mengasah kepekaan rasa merupakan cara memproses kreatifitas dalam mencipta komunikasi khususnya komunikasi periklanan. Dengannya akan lahir gaya-gaya baru beriklan yang memiliki alamat dan cara bertutur yang sesuai tujuan beriklan.
Salam Kreatif!
Published at :