Belajar dari Perjalanan Karir MARKUS HILLEMANN
Menyimak paparan Markus Hillemann, Industrial Designer dari Jerman dalam sesi kuliah tamu internasional dengan tema ‘Creative Journey to Win Awards’ sangatlah menarik, bagaimana terkadang orang awam sulit memahami bagaimana designer bekerja.
Markus menggambarkan alur kerja desain dengan awalan ‘?’ kemudian ‘Kotak hitam’ tutup tabir yang jika dibuka tak ubahnya benang kusut dan berakhir di ‘!’. Desain yang baik harus berangkat dari masalah ‘?’ yang jelas lalu berproses dan menghasilkan solusi ‘!’ yang berguna dan dapat dimanfaatkan.
Sering terjadi kesalahan ketika designer mengarahkan solusinya dengan berpusat pada pengalaman pribadinya saja tanpa menyelami pengalaman target dan menyertakan ahli-ahli lain yang dapat membantunya dalam mewujudkan gagasan yang baik. “Designer bukan pemecah masalah segala hal… untuk itu kita perlu berdialog dengan pihak-pihak kunci sebelum dan selama berproses desain”
Markus menganalogikan dengan lugas dan lucu kesalahan desain ini dalam gambar foto – jalur pejalan kaki yang dirancang dengan desain dan baik, namun experience publik lebih memilih jalan pintas melewati hutan dan tak memakai jalur yang didesain itu.
Proses desain diawalidengan masalah yang jelas ‘?’ kemudian melalui fase ‘research’ dan menyerap pengalaman dan inspirasi di kehidupan seputar masalah, mengolah data dan menentukan ‘ide’ solutif , memvalidasi dengan ahli teknis pendukung, membuat prototype untuk dicobakan ke target pengguna dan melakukan penyempurnaan.
Markus Hillemann mempresentasikan beberapa karya desainnya yang diganjar berbagai Awards prestisius dunia; REDDOT Design, IF Design, FOCUS OPEN Design. Salah satu karyanya adalah LYRA GROOVE pinsil warna untuk anak-anak yang baru belajar menulis dan memegang pinsil. Innovasi yang Markus hadirkan adalah bentuk pinsil segitiga sesuai dengan posisi tangan memegang, coakan ke dalam seperti grip gitar untuk memudahkan jari-jari kecil mengenggam dan tekstur kayu lebih kasar – tidak licin, design pinsil ini juga lebih estetis menarik dengan coakan disetiap sisi segitiga pinsil berbaris seperti dot-dot yang jika diraut makin pendek coakan tadi tetap berfungsi.
Desain adalah cara dan sikap kerja – Innovasi solusi dan manfaat adalah tujuan utamanya. “Jangan pernah mendesain untuk memenangkan Awards, jauhkan sikap ‘Aku’ desainer… karena Awards hanyalah hadiah bagi siapa saja dari proses kerja desain yang terinnovative” kata Markus… “Awards Night sangatlah menarik karena banyak orang-orang hebat yang kita bisa temui dan bekerja sama ke depan… Sampai ketemu di Awards Night… kalian designer ter-innovative di undang!”
Terimakasih untuk dukungan dari LYRA – COPIC & BANTEX Indonesia