“I’M IN” – Ide initiatif mahasiswa CA Binus Merespon kampanye Pemilu 2014 untuk pemilih muda
Memenangi Pitch 1 bersama FortunePR
Sungguh sebuah pembelajaran praktis yang menarik sekaligus sangat berguna bagi mahasiswa ketika kerjasama antar lembaga industri dan akademis; School of Design (SOD) Binus University dan FORTUNE PR terjadi dan direspon baik oleh mahasiswa dalam berkarya.
FORTUNE PR tengah menggagas sebuah proyek kampanye dan menggali ‘consumer insight’ dari kelompok muda pemilih dan memberikan brief project kepada mahasiswa Binus untuk merespon dan membuat ide kampanye;
Youth Education Campaign:
“Let’s Vote – Say no to Money Politics!”
in 2014 Elections.
Bp. Faisal Abrudin, Management Treinee – FortunePR
Mahasiswa diberi kebebasan membuat rencana kampanye bagi pemilih muda pada kampanye Pemilu 2014 nanti, agar turut serta berpartisipasi memilih dan tidak Golput. Menurut data brief jumlah pemilih muda pada Pemilu 2014 sangatlah signifikan. Pada pemilu 2014 nanti, 40% jumlah pemilih adalah pemilih usia muda, atau mewakili 40.794.503 jiwa. Sebagai gambaran selama ini pemilu selalu memenangkan suara golput. Pada pemilu anggota legislatif tahun 2009 lalu, angka golput meraih 39,1% dari jumlah daftar pemilih. Padahal, partai pemenang hanya meraih 20,85% suara.
Dari data-data diatas mahasiswa mendapatkan latar belakang brief yang memadai situasi problem yang harus dicarikan solusinya melalui kampanye komunikasi masa melalui pendekatan kampanye iklan edukasi sosial. Profil target yang ditetapkan adalah; Cewek-cowok, usia 17-22 th, pelajar SMU dan MHS, dengan perilaku umum (mendamba perubahan, sangat aktif dan secara sosial tergabung dalam berbagai komunitas dengan ketertarikan akan berbagai hobi, kelompok interest, dan kesamaan background), namun sebaliknya dalam isu Pemilu mereka berpandangan; apatis, skeptis, tutup mata dalam partisipasi politik. Mahasiswa ditantang membuat pendekatan komunikasi yang strategis dan ide kreatif pesan yang tepat, serta desain terapan yang baik sebagai kerangka dan rekomendasi saran sebuah kampanye.
Konsep “I’M IN” mengajak partisipasi pemilih muda, karya mahasiswa CA
Setelah menyodorkan beberapa alternatif presentasi kelompok mahasiswa, layaknya sebuah ‘pitch project’, beberapa kelompok mahasiswa membawakan presentasi dengan 2 pendekatan, yakni in-direct dan partisipatif dan terpilih ide inisiatif kampanye “I’M IN” mengajak partisipatif calon pemilih muda untuk ‘concern’ dan terlibat pada isu Pemilu 2014. Presentasi 1 sebagai tahap awal meliputi konsep Big Idea serta turunannya dalam Logo, tagline slogan, dan penerapan beberapa aplikasi visual pada poster, aktivasi sosial media, dan media pendukung lainnya.
FORTUNEPR memberikan apresiasi pada kelompok penyaji ide “I’M IN” (Anton Dicky, F. Felicia Wibisono, Gratia Hendra G., Vonny Damayanti) berupa sertifikat dan sejumlah fee pada tahapan presentasi 1. Binus University dan FortunePR berencana melakukan workshop lanjutan untuk mendukung tahapan presentasi 2 berupa penajaman ide, dan eksekusi desain dipandu oleh ekspert FortunePR dan desain hasil workshop yang akan dipakai dan diapresiasi dengan fee yang lebih besar serta seluruh rangkaian project ini menghadiahkan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam hal membaca brief, menyusun strategi, menggagas Big idea, mewujudkan dalam desain terapan, presentasi untuk memenangkan persaingan pitch, dan hasil kerjanya dihargai dan diterapkan layaknya rangkaian kerja secara professional di dunia kerja.
Desember 2013