People Innovation Excellence
 

Menjadi seorang desainer itu indah. Kita dianugerahi sensitivitas atau pun dilatih untuk sensitif terhadap lingkungan sekitar. Kita mengambil inspirasi dari apa yang dilihat, didengar, disentuh, dicium, dicicip, dan dirasa untuk kemudian diolah menjadi sebuah karya desain yang semoga bisa memberikan kembali sesuatu yang positif kepada lingkungan sekitar.

Mata kuliah design & material berusaha mengasah sensitivitas itu melalui tugas “5 Senses Visualization.” Para mahasiswa diminta untuk mengunjungi restoran/café favorit mereka. Di sana mereka belajar untuk menyadari betul apa yang mereka lihat, dengar, raba, cium, cicip dan rasakan untuk diolah menjadi elemen desain dasar (titik, garis, bidang) dan dikomposisikan berdasarkan prinsip desain dasar.

Tasya Putri memilih Cliq Café sebagai café favoritnya. Pengalaman secara langsung di café itu, membuat Tasya menyimpulkan rasa Cliq Café adalah feminine dan cozy. Ia mengambil beberapa foto untuk mendokumentasikan apa yang ia lihat, meresapi apa yang ia lihat dan mengolahnya menjadi visual.

Ia memesan makanan dan minuman untuk menyimpulkan rasa yang tercipta dari apa yang ia cicip dan sekali lagi ia mengolahnya menjadi visual.

Begitu pula dengan apa yang Tasya dengar. Sedikit bertentangan dengan mood cozy dan feminine, suara yang terdengar di café ini sedikit bising karena ramai pengunjung. Perpaduan mood yang saling bertentangan itu ia olah menjadi visual yang kasat mata.

 

Semua alternatif visual tersebut dikombinasikan menjadi kesatuan komposisi visual yang merepresentasikan Cliq Café.

Tugas ini tidak dapat semata dinilai dari hasil akhirnya (di mana dapat diperdebatkan oleh beragam individu karena pengalaman yang dirasakan berbeda), tetapi proses yang dialami masing-masing mahasiswa dalam mengasah sensitivitas dan mengolahnya menjadi sebuah karya visual.

—–

Ditulis oleh: Angela Oscario

 

 


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close