People Innovation Excellence
 

Imajinasi

Untuk praktisi kreatif imajinasi secara sadar maupun tidak telah berlangsung dalam proses berkaryanya. Dari jaman awal manusia hingga kini imajinasi memegang peran penting dalam berkembangnya kehidupan. Imajinasi memiliki bentuk (proses) yang sama, tidak pernah berubah. Imajinasi yang dilakukan manusia abad lampau dengan sekarang tentunya sama proses dan bentuknya. Istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi imajinasi yang berbeda, zaman yunani klasik disebut Phantasia. Selanjutnya imajinasi dipelajari untuk mengurai bentuk dan asalnya melalui banyak pendekatan. Ada yang berpendapat bahwa imajinasi adalah proses kognitif rasional manusia. Di lain sisi ada yang membantahnya melalui pengetahuan kecerdasan tubuh atau gabungan persilangan antara rasio dan kecerdasan tubuh. Pengertian imajinasi tidak seringkas dalam Kamus Besar Bahasa saja. Rumit memang mengkaji bentuk imajinasi, toh imajinasi juga sudah banyak digunakan banyak orang dengan baik. Untuk praktisi kreatif, seakan menjadi hal yang menggelikan, karena dibahas atau tidak imajinasi telah menjadi alat ampuhnya. “Untuk apa kebanyakan teori tentang imajinasi, kan yang penting berkarya bro” yup benar memang untuk para praktisi, tetapi tidak untuk para pendidik kreatif. Dengan mengetahui genealogi dan bentuk imajinasi, pengajar kreatif dapat membuat formula dalam materi pengajarannya. Salah dalam membuat formula, imajinasi dalam kreativitas tidak dapat secara maksimal diajarkan, atau bahkan gagal.

Salam kreatif kawanz!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close