People Innovation Excellence
 

Berlatih dengan Lighting untuk Fotografi Pemula

Belakangan ini tren fotografi digital sedang mengalami masa kejayaan, yang ditandai dengan hadirnya kamera berjenis mirrorless (tanpa cermin) dan kemunculan berbagai aplikasi digital yang membutuhkan fotografi sebagai salah satu medianya.

Apabila kita berniat untuk sekadar mencoba terjun ke dalam dunia, maka kita harus mengetahui elemen dasar yang terpenting dalam fotografi, yaitu pencahayaan. Selain untuk menerangi objek foto, pencahayaan juga bertujuan untuk menentukan feel atau mood dari sebuah foto, juga menentukan bagian detil yang akan ditonjolkan dalam sebuah foto.

Untuk dapat mengerti prinsip kerja pencahayaan untuk fotografi, kita dapat mencoba dari benda yang paling sederhana sebagai alat bantu pencahayaan objek, misalnya seperti lampu meja belajar, atau lampu senter, lampu darurat, dll. Langkah pertama dapat dimulai dengan mengambil objek untuk latihan foto (disarankan untuk memilih objek yang memiliki bentuk menarik). Setelah itu, kamera diletakkan diatas tripod atau permukaan yang menunjang stabilitas kamera, sambil mengarahkan kamera ke objek. Berikutnya kita dapat mencoba mengatur posisi sumber cahaya (lampu) untuk melatih kemampuan kita mengeksplorasi bentuk bayangan dan hubungannya dengan arah sumber cahaya. Cara ini dapat terus diulang sampai kita berhasil mendapatkan mood, feel, dan keseimbangan antara cahaya dan bayangan yang menarik.

Gambar diatas adalah contoh singkat efek dari perubahan arah cahaya terhadap objek foto. Untuk dapat menentukan arah cahaya yang sesuai dengan objek foto, maka fotografer harus terlebih dahulu menetukan tema dari foto itu sendiri. Misalnya untuk tema misterius, maka biasanya pencahayaan terhadap model tidak menjangkau seluruh bagian muka, tetapi bisa diarahkan sedikit dari samping agar beberapa bagian dan detil muka ada yang tersamar, sehingga menimbulkan kesan misterius.

Fotografer pemula maupun yang berpengalaman dapat memilih sendiri arah pencahayaan yang mereka inginkan untuk mencapai konsep atau cerita dalam sebuah foto, sesuai dengan keinginan fotografernya.

~Randy Indra Pradhana

Contoh diatas diambil dari :

Portrait Lighting Cheat Sheet Card

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close