People Innovation Excellence
 

Menghidupkan Animasi dengan Comic Photography

Ketika pekerjaan kita tidak mengarah ke passion kita, biasanya pekerjaan kita juga tidak akan maksimal. Para mahasiswa/i jurusan animasi sampai pada tahun 2016 pun turut merasakannya. Mereka harus menjalani mata kuliah fotografi selama 2 semester dimana mereka diharapkan untuk mempelajari efek dari cahaya (lighting) terhadap objek, sehingga memudahkan mereka kelak ketika mengaplikasikan efek cahaya pada program pembuatan animasi 3-dimensi. Sudah menjadi tradisi bahwa tugas akhir mereka untuk mata kuliah fotografi 2 adalah membuat karya fotografi yang terdiri dari fotografi produk sekaligus model. Hasil akhir karya ini mungkin sangat relevan di bidang new media maupun advertising, tetapi dirasakan kurang maksimal untuk aplikasi anak-anak Animasi. Oleh karenanya, dimulai dari tahun 2016, saya mulai mencoba menerapkan tugas yang berbeda dari sebelumnya.

Para mahasiswa/i diminta untuk membuat layout sebuah komik yang terdiri dari beberapa frame foto sehingga membentuk 1 halaman komik. Terlihat mereka antusias mengerjakan tugas ini karena memang sebagian besar minat anak animasi berawal dari kecintaan mereka terhadap kartun dan komik, terutama komik (dan manga – komik jepang) serta animasi Jepang. Tugas-tugas mereka pun dikerjakan dengan serius dan hasilnya sangat memuaskan sehingga tugas dalam bentuk seperti ini layak dipertahankan ke depan selama fotografi Animasi masih ada sebagai mata kuliah wajib.

~ Randy Indra Pradhana

Photo Comic diatas adalah karya :

Diandra Pramestisari Pololessy 1901506494
Obelia Simone 1901494645
Michelle Ong Wanandi 1901482872
Adi Pratomo 1601251625
Muhammad Fadhil Saputra 1701352026
DKV Animasi

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close