People Innovation Excellence
 

Sefaham dan Seabai

# Refleksi bagi mereka yang sedang belajar fotografi

Aneka warna dengan segala sepektrumnya dapat kita bedakan, tandai dan rasakan karena adanya cahaya. Hadirnya cahaya juga membentuk gelap-terang sehingga volume objek terbentuk. Tanpa hadirnya cahaya dunia menjadi gelap gulita. Begitu juga fotografi yang terikat dengan proses perekaman visual. Tanpa cahaya kita tidak mungkin merekam indahnya warna dan beragam bentuk menarik. Saya yakin dengan logika sederhana tersebut semua orang secara terang benderang memahaminya. Dalam kasus pemula dalam fotografi hal tersebut hanya dipahami sebatas teori, faktanya menjadi berbeda ketika kamera sudah ditangan dan diarahkan kesebuah objek. Cahaya hanya disyaratkan semata keberadaannya, bukan menjadi bagian penting dalam pemotretan. Konsentrasi terhadap objek kelewat besar sehingga meniadakan beradaan cahaya. Kalaupun hasil pemotretannya kurang bagus (agak gelap) kamera sealalu disalahkan karena kwalitasnya. Perlu diingat dengan seksama, variable dalam pemotretan ada 3: Fotografer/kamera – Objek – Cahaya, ketiganya harus selalu ada dengan porsi sama kuat. Mungkinkah kita memotret tanpa ada objeknya, atau ada objek, ada cahaya tetapi tidak ada Fotografer/kamera, tentu tidak. Cahaya dalam pemotretan harus ada dan diadakan bahkan dengan setrategi khusus untuk mengatur dengan segala siasat. Cahaya tidak sekedar hadir keberadaannya, tetapi perlu dipikirkan; asalnya, arahnya dan kwalitasnya. Melalui cahaya kreativitas (Storytelling, Mood dan konsep visual) foto dapat diwujudkan.

Percayalah kawan hal ini adalah masalah sederhana yang sangat kita fahami tetapi selalu kita abaikan dalam praktiknya.

Salam fotografi kawan!


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close