People Innovation Excellence
 

Hari KARTINI bersama Anak-anak RPTRA MAYA ASRI 13

Pagi itu, 21 April 2018 – Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Maya ASRI 13, berada dilingkungan Batusari, Jakarta Barat, riuh-rendah anak-anak sudah berkumpul menunggu kakak-kakak dosen dan mahasiswa DKV yang sudah berjanji akan berbagi ketrampilan visual, lomba dan tentu saja hadiahhhhh…!

Ditemani beberapa orang tua yang ikut menyaksikan dan beberapa pengurus RPTRA MAYA ASRI 13, anak-anak dibagi menjadi 3 kelompok sesuai umur untuk diberi penjelasan tentang ketrampilan visual apa yang mereka akan ikuti sebagai lomba memeriahkan Hari KARTINI yang berlangsung hari itu.

Dibuka dengan tepuk tangan meriah, tepuk tangan keangkasa, dan beberapa pertanyaan “Hari ini hari apa?”… dalam sekejap anak-anak berebut jawab… “Hari Kartiniiii”… “Hari Sabtu” … “Hari Libur Nasional”… yeaaaaa semua jawaban benar…. Sebutkan 3 nama pahlawan yang kamu kenal… juga dijawab dengan mudah, lalu bernyanyi bersama lagu pahlawan “Ibu Kita Kartini” dan tak lupa berdoa dipimpin oleh salah satu anak yang cukup besar kelas 6.

Setelah itu kelompok anak dipandu oleh dosen dan mahasiswa yang tengah melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) agar masyarakat lingkungan sekitar kampus berada merasakan keberadaan kampus dengan cara membagikan ilmu yang berguna.

Kelompok anak-anak dari kelas 2-3 diberi kesempatan lomba mewarnai gambar beberapa obyek orang dengan berbagai pakaian tradisional. Kelompok yang lebih besar kelas 4-5 membuat boneka dengan pakaian tradisional menggunakan bahan habis pakai (re-use), ide kreasi anak-anak sangat lucu dan variatif… hasil ciptaan mereka bisa berguna berupa boneka untuk tempat pinsil atau tempat menampung benda-benda kecil lainnya. Sementara anak-anak yang paling besar kelas 5-6 mendapatkan tantangan lomba membuat Puzzle dari kardus bekas yang bisa dimainkan untuk melatih imaginasi spasial – visual.

“Kegiatan semacam ini sangatlah berguna… karena kita memperkenalkan makna kata ‘Desain’ kepada anak-anak sejak mereka muda… Desain adalah rancangan… membuat sesuatu dengan memikirkan terlebih dahulu… untuk apa & bagaimana sesuatu dibuat”

“Berkreasi dengan material barang bekas yang ada di sekitar tempat tinggal… secara tidak langsung mengajarkan pada anak-anak untuk memiliki sikap kreatif dan peduli terhadap lingkungan”


Anak-anak sangat riang dibimbing kakak-kakak dosen dan mahasiswa… mereka seperti mendapat perhatian dan dorongan mencipta sebagus-bagusnya. Berkreasi sambil bercerita… sambil saling memberi saran dan saling meminjam alat yang ada… hal ini sangat baik untuk memupuk rasa dan ketrampilan cognisi, afeksi, dan motorik anak sejak kecil.

Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba… pengumuman pemenang lombaaaaa!

Bukan hadiah benar yang sebenarnya tujuan, namun proses mencipta yang dinikmati adalah ‘hadiah’ yang paling berharga… acara ini diakhiri dengan photo bersama baik pemenang lomba, anak-anak lainnya, pengurus RPTRA, Ibu-bapak pendamping dan tak lupa kakak-kakak dosen dan mahasiswa….

Sampai jumpa di acara yang lain yang lebih seruuuuuu….


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close