People Innovation Excellence
 

Si Ompong (Refleksi Fotografi)

Setelah sekian lama menjadi bagian kecil dari Cimande, tahun 2009-lah pertama kali menyaksikan produk tradisi “Bincurang”. Perhelatan adu kaki yang diikuti oleh anak-anak pada sebuah hajatan keluarga. Bincurang layaknya pertunjukan WCW, yang kalah atau tidak sanggup akan melambaikan tangan dan disambut dengan tepokan tangan teman gengnya untuk meneruskan adu kaki tersebut. Dari perhelatan Bincurang banyak sekali pelajaran kearifan lokal tentang sportifitas yang dipertontonkan oleh anak-anak belia desa Cimande. Begitulah bincurang digelar layaknya hiburan yang dinikmati dengan keriangan seperti si ompong tersebut, bukannya dengan permusuhan berkelanjutan. Kontak fisik dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki, itu semua mudah diobati, tetapi saling menyakiti hati yang berbekas tiada henti tak pernah terjadi. Begitulah leluhur Nusantara mewariskan kearifan lokal yang sekarang ini seakan menjadi teks tanpa makna. Kita penerus nusantara, penerus kebajikan, pereda dengki dan kitalah seharusnya menjadi anak Indonesia itu.

Membaca tradisi untuk refleksi diri.

Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh

Salam fotografi indonesia kawan!

 

 


Published at :
Written By
Lateevhaq
SCC Visualization & Execution | CA SOD Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close