People Innovation Excellence
 

Natural Color

Dalam fotografi, terutama pada landscape, street dan semua yang objeknya terkait dengan alam, selalu memperbincangkan permasalahan warna dari hasil foto. Sebagian menganggap pencapaian warna yang naturallah yang membuat foto tersebut memiliki nilai lebih. Warna natural “Natural Color” itu seperti apa dan bagaimana. Parameter untuk mencapai hal tersebut menjadi sangat subyektif berdasarkan fakta lapangan (tehnik dan sebagainya). Warna natural yang dipahami oleh banyak orang adalah senyata-nyatanya warna sesuai aslinya. Untuk menghasilkan warna dalam foto ada dua faktor permasalahan, internal kamera dan eksternal. Faktor internal terjadi karena masing-masing kamera sebagai alat pemindai gambar sensornya memiliki kecenderungan warna yang ia hasilkan, belum lagi pengaturan white balance, color profile dll termasuk proses editing di PS. Sedangkan faktor eksternal dipengarugi oleh sumber cahaya dan faktor refleksi cahaya yang meliputinya. Pola pengaturan kedua faktor inilah yang memungkinkan foto dapat hadir dengan “wana natural”.
Yang menjadi permasalahan disini, apakah dalam budaya visual yang ada sekarang ini, “natural color” menjadi harapan audien penikmat foto. Warna-warna dramatis yang sulit kita dapatkan di alam pada kenyataannya menggugah mata mengirimkan stimulan takjub ketimbang warna yang sesungguhnya. Hadirnya foto-foto yang dianggap “natural color” pun sebenarnya mengalami pergeseran dari warna sejatinya di alam. Media visual yang sering kita jumpai melalui sumber-sumber mainstream (iklan dan film) sebagai referensi visual sangat mempengaruhi pola konsumsi visual masyarakat (audien) pada umumnya.
Penggunaan warna pada fotografi pada akhirnya bertumpu dari kebutuhan foto itu dibuat dan target yang mau dijangkau. Natural dan tidak natural tidaklah penting dalam konteks foto sebagai media visual kontemporer.

Salam kreatif!…..maju terus fotografi Indonesia……

Foto: Nelayan di Pantai Kejawanan Cirebon (dokumentasi pribadi)


Published at :
Written By
Lateevhaq
SCC Visualization & Execution | CA SOD Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close