People Innovation Excellence
 

Kain Sarung

Kain penutup aurat bagian bawah yang di Indonesia lebih dikenal dengan

sebutan sarung. Pemakaiannya saat ini hanya terbatas pada aktifitas religi untuk menunaikan sholat, serta beberapa upacara tradisi. Mundur kebelakang kain sarung sangat akrab dengan kehidupan kita masyarakat nusantara dan beberapa bangsa lain. Dibeberapa negara sarung disebut juga dengan; lungi, dhoti, telugu, lamba, capulana, zambias dan masih banyak lagi sebutannya. Penggunaan kain sarung di nusantara dapat kita lihat pada banyak relief di candi-candi baik budha maupun hindu. Meskipun budaya menggunakan sarung dimiliki oleh banyak negara, namun masing2 memiliki kekhasan dalam teknik penggunaannya dan jenis ataupun motif kainnya. Kain lurik di tengarai menjadi salah satu jenis kain tertua di nusantara mengingat beberapa artefak yang merujuk keberadaannya, kemudian disusul oleh kain batik. Kedua2nya diciptakan dalam bentuk lembaran jadi, bukannya gulungan atau rol2an yang bisa dipotong seenaknya. Pada kain tersebut jelas dimana depan dan dimana belakang kain, hal ini akan berbeda jikalau kita memotong kain gulungan, sehingga pemakaiannya akan membingungkan. Begitulah kain sarung kawan.
Salam kreatif.

Relief di Candi Borobudur

Buku karya AJ Bernet Kempers koleksi perpustakaan UGM

lukisan koleksi istana Water spies 1936, yang menggambarkan kehidupan dizaman pembangunan borobudur

Penggunaan kain sarung hasil rekonstruksi dari abad ke-9


Published at :
Written By
Lateevhaq
SCC Visualization & Execution | CA SOD Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close