People Innovation Excellence

Mengyu Chen, Creative “Illustration” Visit

Salam kreatif! Salah satu hal penting meningkatkan daya kreasi di Binus University adalah dengan tetap terus dan terus berubah. Semangat perubahan dari setiap diri Binusian seakan sudah menjadi kesepakatan yang alami di Binus University. Bahkan Prof. Harjanto, Rektor Binus University menekankan bahwa perubahan merupakan keabadian. Kegiatan yang mengusung spirit di atas tercermin pada lawatan Miss. Mengyu Chen dari Shantou University, China bulan lalu.

Seminar “How to be a creative illustrator”, oleh Miss. Mengyu Chen dipandu oleh Mr. Budi Sri Herlambang

Share the Portfolio to the World

Mengemas karya kreatif menjadi sajian yang “delicious” menjadi hal yang tak mungkin dilupakan oleh orang kreatif terlebih lagi para mahasiswa DKV. Inilah oleh-oleh mengesankan dari Miss. Mengyu Chen yang disuguhkan di hari pertama kunjungan di Binus. Auditorium lantai 4 Gedung Anggrek merekam keseruan perkenalan Miss. Mengyu Chen dengan presentasi karya-karya ilustrasinya yang “menggoda” dunia. Tentu saja hadirin yang didominasi mahasiswa dan para dosen School of Design larut pada pesona “pertama” presentasinya. Acara yang berdurasi sekitar dua jam tersebut dihangatkan oleh Budi Sri Herlambang, Head of New Media Program, sehingga sangat mengisnpirasi mahasiswa dalam menggali karya-karya ilustrasi kreatif yang difungsikan sebagai karya komersial yang berdaya saing tinggi.

Miss. Mengyu Chen menerima penghargaan dari Pak Hagung Kuntjara WS.

Illustrated Your Ideas

Suasana Workshop Ilustrasi di R 800

Suasana Workshop Ilustrasi di R 800

Membangkitkan kreatifitas bisa dilakukan dengan melath kepekaan sensasi rasa dari indera kita. Workshop yang dibawakan Miss. Mengyu kali ini mengolah bahasa audio dan teks lagu menjadi pemnatik karya ilustrasi. Peserta workshop memulai proses berkarya melalui lirik dan iringan audio yang diendapkan secara kontemplatif sehingga melahirkan visualisasi yang beragam. Arahan menarik Miss. Mengyu, terdapat pendekatan-pendekatan visual yang sebelum tak terlintas di benak peserta workshop. Bahwa sisi-sisi emosional bisa dungkapkan dengan visualisasi yang baru dan kaya melalui eksplorasi visual.

Saling Sharing

Kepadatan aktifitas Miss. Mengyu ini digerakkan oleh Angela Oscario dan kawan-kawan tak menyurutkan semangatnya untuk sharing dengan para dosen School of Design, Binus University. Mengyu memaparkan mapping pembelajaran dkv di berbagai universitas di Asia khususnya Taiwan dan China. Susana keakraban bersama Mengyu dan tim SOD

Dosen-dosen yang hadir di antaranya Hagung Kuntjara, Hanny Wijaya, Nick, Noor Udin Ung, Paulina, Tunjung Riyadi, Meylani dan masih banyak lagi andil juga dengan menyampaikan pandangan dan pertanyaan kepada Miss. Mengyu, sehingga suasana sharing menjadi sangat semarak.

Presentation and Exhibition

Pameran karya peserta workshop menjadi pamungkas rangkaian kunjungan Miss Mengyu Chen di Binus University. Gallery Syahdan adalah tempat berlangsungnya gelaran acara tersebut. seluruh karya terpajang apik di sepanjang dinding kaca galeri. Panitia yang terdiri dari para dosen dan juga mahasiswa merasa terbayar lunas, rasa capek dan lelah berganti dengan senyuman lebar dan applaus yang meriah dari para peserta, pengunjung dna tentu saja Miss. Mengyu. Mungkin inilah kenangan terindah yang akan dibawanya hingga ke negerinya Taiwan.

Suasana Persipana Pameran

Presentasi Peserta Workshop di Galeri Syahdan

Suasana usai seminar di R 800, Gedung Anggrek

Bukan hanya itu, presentasi para peserta tentu juga memberikan arti yang mendalam bagi Mengyu karena inilah peran sesungguhnya dari seorang illustrator dan pendidik sekaligus. Bagi para peserta dan dosen, rangkaian acara ini menjadi international experience yang sangat bermafaat bagi pengembangan bersama.

Semarang, 1 April 2017 D2227 Noor Udin Ung!

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close