People Innovation Excellence
 

Desainterpreneur: Kesuksesan Desain adalah Seberapa Besar Desain itu Bekerja

Desainpleuneur

Sisi menarik dari desain terletak saat desain itu diawali.Layaknya seorang shef dalam menyiapkan sajian istimewanya, desain pun demikian, bahan baku dan bumbu yang sesuai akan menjadi unsur utamanya. Di ujung sebuah proses desain akan selalu muncul pertanyaan, akankah desain kita nanti bekerja? Artinya apabila sajian seorangshef mampu menghadirkan kepuasan lidah penikmatnya, maka desain pun ditujukan untuk kepuasan klien karena terpenuhi harapannya.

Indikasi yang sederhana dari kinerja sebuah desain adalah respon yang dilayangkan dari desain yang kita paparkan ke target audien.Respon audien inilah yang akan kita jadikan tolok ukur pertama apakah desain kita bekerja.Seorang desainer membutuhkan waktu untuk menunggu informasi tersebut.Hasilnya pun masih sangat predictable. Maka sebuah tim desain atau desainer yang bekerja sendiri harus pula “mendesain” respon target audiens yang diharapkan akan terjadi setelah desain di“upload” ke media. Cara inilah yang seharusnya dimiliki oleh seorang desainer sebagai “direction”desainnya agar selaras dengan goal-nya.

Tangan

Kartu nama Pak Taufiq, seorang supir panggilan.

Apa yang diharpakan dari seorang desainer selain memberikan nilai tambah terhadap bisnis pelanggannya?Kesuksesan sebuah bisnis salah satunya terletak pada desain yang baik.Seorang desainer tentu bukanlah seorang tata letak dan hanya mempercantik tampilan desain.Namun seorang desainer merupakan manusiamulti tasking yang harus pula membubuhkan nilai entrepreneurship pada disainnya sehinggamampu bekerja maksimal. Tom Waston, founder IBM mengatakan bahwa good design is good business. Ya, desain yang baik akan membawa perubahan kepada bisnis yang lebih baik.

Lalu apakah desainer yang sukses hanya desainer yang berkesempatan mendesain untuk brand-brand keliber global dengan budget tak terhingga?Tentu jawabannya tidak. Karena justru harapan brand-brand kecil akan keberhasilan bisnisnya justru sangat besar.Dan bisa jadi dikarenakan oleh keberhasilan desain kita yang bekerja untuk mereka.


Published at : Updated
Written By
Noor Udin Ung!
SCC Core Creative Advertising SOD Binus University www.noorudinung.com
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close