People Innovation Excellence

“Ramayana” Dalam Kolase

DSC02777

Teknik kolase pertama kali digunakan pada saat penemuan kertas di Cina, sekitar 200 SM. Penggunaan kolase, tidak digunakan oleh banyak orang hingga abad ke-10 di Jepang, ketika digunakan kaligrafi untuk menulis puisi mereka dengan cara menempelkan pada sebuah kertas. Teknik kolase muncul di Eropa abad pertengahan selama abad ke-13. Panel daun emas mulai diterapkan dalam katedral Gothic sekitar abad ke-15 dan ke-16. Batu permata dan logam mulia lainnya yang diterapkan pada gambar keagamaan, ikon, dan juga, untuk lambang. Contoh abad ke-18 seni kolase dapat ditemukan dalam karya Mary Delany. Pada abad ke-19, metode kolase juga digunakan antara penghobi untuk mengenang sesuatu.

DSC02778

Matakuliah ilustrasi yang diselenggarakan di CA Binus salah satu tugasnya menggunakan materi kolase. Siswa dituntut mengembangkan imajinasinya untuk dapat merangkai potongan visual menjadi sebuah karya ilustrasi dengan tema “Ramayana”. Pemilihan tema mengacu pada semangat kelokalan dalam menyikapi pasar kreatif secara global. Dibutuhkan warna lokal yang spesifik, sehingga pergerakan pasar kreatif lokal tumbuh tanpa kehilangan akar.

DSC02780


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close