People Innovation Excellence
 

“I’M IN” – Ide initiatif mahasiswa CA Binus Merespon kampanye Pemilu 2014 untuk pemilih muda

Memenangi Pitch 1 bersama FortunePR

03 photo

Sungguh sebuah pembelajaran praktis yang menarik sekaligus sangat berguna bagi mahasiswa ketika kerjasama antar lembaga industri dan akademis; School of Design (SOD) Binus University dan FORTUNE PR terjadi dan direspon baik oleh mahasiswa dalam berkarya.

FORTUNE PR tengah menggagas sebuah proyek kampanye dan menggali ‘consumer insight’ dari kelompok muda pemilih dan memberikan brief project kepada mahasiswa Binus untuk merespon dan membuat ide kampanye;
Youth Education Campaign:
“Let’s Vote – Say no to Money Politics!” 
in 2014 Elections.

01 photo
Bp. Faisal Abrudin, Management Treinee – FortunePR

Mahasiswa diberi kebebasan membuat rencana kampanye bagi pemilih muda pada kampanye Pemilu 2014 nanti, agar turut serta berpartisipasi memilih dan tidak Golput. Menurut data brief jumlah pemilih muda pada Pemilu 2014 sangatlah signifikan. Pada pemilu 2014 nanti, 40% jumlah pemilih adalah pemilih usia muda, atau mewakili 40.794.503 jiwa. Sebagai gambaran selama ini pemilu selalu memenangkan suara golput. Pada pemilu anggota legislatif tahun 2009 lalu, angka golput meraih 39,1% dari jumlah daftar pemilih. Padahal, partai pemenang hanya meraih 20,85% suara.

Dari data-data diatas mahasiswa mendapatkan latar belakang brief yang memadai situasi problem yang harus dicarikan solusinya melalui kampanye komunikasi masa melalui pendekatan kampanye iklan edukasi sosial. Profil target yang ditetapkan adalah; Cewek-cowok, usia 17-22 th, pelajar SMU dan MHS, dengan perilaku umum (mendamba perubahan, sangat aktif dan secara sosial tergabung dalam berbagai komunitas dengan ketertarikan akan berbagai hobi, kelompok interest, dan kesamaan background), namun sebaliknya dalam isu Pemilu mereka berpandangan; apatis, skeptis, tutup mata dalam partisipasi politik. Mahasiswa ditantang membuat pendekatan komunikasi yang strategis dan ide kreatif pesan yang tepat, serta desain terapan yang baik sebagai kerangka dan rekomendasi saran sebuah kampanye.

01 I'm In konsep
Konsep “I’M IN” mengajak partisipasi pemilih muda, karya mahasiswa CA

Setelah menyodorkan beberapa alternatif presentasi kelompok mahasiswa, layaknya sebuah ‘pitch project’, beberapa kelompok mahasiswa membawakan presentasi dengan 2 pendekatan, yakni in-direct dan partisipatif dan terpilih ide inisiatif kampanye “I’M IN” mengajak partisipatif calon pemilih muda untuk ‘concern’ dan terlibat pada isu Pemilu 2014. Presentasi 1 sebagai tahap awal meliputi konsep Big Idea serta turunannya dalam Logo, tagline slogan, dan penerapan beberapa aplikasi visual pada poster, aktivasi sosial media, dan media pendukung lainnya.

02 photo

FORTUNEPR memberikan apresiasi pada kelompok penyaji ide “I’M IN” (Anton Dicky, F. Felicia Wibisono, Gratia Hendra G., Vonny Damayanti) berupa sertifikat dan sejumlah fee pada tahapan presentasi 1. Binus University dan FortunePR berencana melakukan workshop lanjutan untuk mendukung tahapan presentasi 2 berupa penajaman ide, dan eksekusi desain dipandu oleh ekspert FortunePR dan desain hasil workshop yang akan dipakai dan diapresiasi dengan fee yang lebih besar serta seluruh rangkaian project ini menghadiahkan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam hal membaca brief, menyusun strategi, menggagas Big idea, mewujudkan dalam desain terapan, presentasi untuk memenangkan persaingan pitch, dan hasil kerjanya dihargai dan diterapkan layaknya rangkaian kerja secara professional di dunia kerja.

Desember 2013


Published at : Updated
Written By
hag
HoP
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close